7 Tips laptop dan komputer bebas dari virus

7 Tips laptop dan komputer bebas dari virus

Virus pada laptop dan komputer menjadi hal menakutkan pada sebagian pengguna laptop dan komputer desktop.karena jika laptop terkena virus, efek yang ditimbulkan sangat banyak seperti,performa komputer lamban,berat,hilangnya data-data pada komputer,dan file banyak yang secara tiba-tiba tidak bisa dibuka atau tersembunyi dan masih banyak lagi yang ditibulkan jika laptop kita terkena virus.

jika virus ini dibiarkan, bisa menyebabkan rusaknya hardware dan software pada laptop.maka dari itu para pengguna  laptop sangat mengharapkan laptop mereka terhindar dari virus

Virus komputer sendiri terus berkembang dan memiliki banyak jenis. Beberapa jenis virus, seperti Worm mampu menggandakan dirinya pada media penyimpanan seperti harddisk dan kartu memori. Tak heran, beberapa komputer yang terkena virus jenis ini, harddisknya terasa penuh. Ada juga jenis virus Trojan. Virus jenis ini bekerja dengan cara mengambil data-data penting dari komputer yang terinfeksi dan mengirimkannya ke pembuat Trojan. Tak heran, virus yang satu ini cukup ditakuti pemilik komputer.

virus banyak jenisnya dan terus berkembang seiring berjalanya waktu.salah satu jenisnya virus yaitu  Worm ia bisa menggandakan diri di penyimpanan seperti kartu memori dan harddisk. maka tek heran jika laptop kita lemot dan harddisk terasa penuh.Ada juga virus yang ditakuti para pangguna laptop yaitu trojan. Virus ini ditakuti karena sifatnya yang menggambil data-data penting pada laptop dan menggirim data-data tersebut ke pembuat virus trojan.

maka dari itu, sebaiknya kamu memperhatikan keamanan laptop. khususnya yang sering terhubung internet dan sering meggunakan flashdisk berbeda-beda. berikut ini omahlaptop akan memberi tahu 7 Tips laptop dan komputer bebas dari virus.

1.Gunakan Anti Virus

Tips Bebas Virus di Laptop dan Komputer

program atau aplikasi antivirus ini sangat penting untuk melindungi perangkat laptop agar terhindar dari serangan virus. Antivirus akan memindai virus yang berada di file-file dan akan langsung menghapus virus agar tidak menyebar dan berkembang labih luas.

untung saja, antivirus saat ini banyak pilihanya. kami menyarankan agar anda menggunakan antivirus bawaan windows. yang terpenting, selalu update antivirus ke versi terbaru karena ini bisa membantu anda mendeteksi virus-virus terbaru. hal ini bisa mengoptimalkan kinerja laptop kamu.

Agar laptop kamu bisa bebas virus sepanjang waktu kamu bisa mengaktifkan fitur Auto Protect Realtime. yang nantinya fitur ini secara otomatis mendeteksi virus dan langsung menghapusnya.

2. Atur Jadwal untuk Scan Virus

Bila kamu sering menggunakan laptop setiap hari, baik untuk browsing, bekerja, dan menggerjakan tugas sekolah,sebaiknya kamu sering cek rutin dan scanning secara menyeluruh.Tujuanya supaya  virus yang dibawa oleh perangkat lain seperti kartu memori dan flashdisk bisa dicegah penyebaranya.Dan yang terpenting, jangan membuka file-file yang mencurigakan seperti shortcut.

3.Aktifkan Firewall

Aktifkan firewall untuk menggontrol akses keamanan antara jaringan internet aman atau terpercaya  dan jaringan internet yang tidak terpercaya. fitur ini mudah dilakukan untuk pengguna laptop Windows, firewall berguna untuk mencatat kejadian pada Administator dan melindungi sumber jaringan. jika firewall bawaan dirasa belum memumpuni, kamu bisa menginstallnya sendiri.

4.Jangan  Spam atau Buka Email Sembarang

Salah satu media penyebar virus yang sering ditemukan di laptop adalah Email.maka dari itu jangan sembarangan membuka email atau spam dari sumber yang tidak jelas. untungnya, ada beberapa program email yang langsung memindahkan  file spam (yang mengandung malware,virus atau sejenisnya) kedalam folder sampah. agar terbebas dari virus maka jika kamu sering menerima email berupa lampiran atau attachement,sebaiknya scan terlebih dahulu file tersebut.

5.Jangan Asal Menginstall Aplikasi

Jika kamu sering bongkar pasang aplikasi atau program komputer, sebaiknya hentikan kebiasaan ini,sebaiknya jangan asal memasang program. karena pasalnya beberapa aplikasi mengandung virus berbahaya. maka jika kamu ingin menginstall aplikasi install lah dari sumber terpercaya.

6 Browsing  dengan Aman

seperti yang kita tahu, bahwa penyebab virus paling besar dihadirkan oleh internet.Virus yang di sebarkan melalui internet bisa mencapai 80%. untuk itu browsing dengan aman agar terhindar dari virus. menggunduh file di situs-situs resmi atau terpercaya.

7.Selalu Update Windows

selalu update windows juga salah satu tips agar laptop terhindar dari virus dan malware.Dengan kita update windows akan menjaga  laptop atau komputer kita terhindar dari malware jahat dan virus. karena Microsoft menghadirkan update sistem keamanan agar tidak ada celah-celah untuk virus masuk atau tembus.

Leave a Comment