Inilah akibatnya jika kamu memematikan komputer secara paksa

Inilah akibatnya jika kamu memematikan komputer secara paksa

Mengapa perangkat PC atau laptop mengunakan sistem oprasi ? ini alasanya.sistem oprasi digunakan agar memudahkan pengguna dalam mengunakan laptop/PC dan memberikan kenyamanan salah satunya shutdown.

Shutdown adalah cara kita untuk mematikan laptop/PC dengan aman tanpa merusak sistem.Fitur ini sudah ada disetiap OS.dan fitur ini merupakan hal mendasar pada laptop/PC, sehingga sangat aneh jika ada orang yang tidak menggunakan fitur ini.

akantetapi, juga masih banyak orang yang tidak mengunakan fitur ini dan mungkin karena ribet ataupun mereka tidak tahu cara menggunakan laptop atau pc secara baik dan benar.

Dan,apa saja sih akibat jika kita tidak menggunakan fitur shut down?

1.Power Supply rusak

Tahukah anda, bahwa mematikan PC dengan cara shutdown ini bisa memberi printah BIOS untuk menghentikan semua sistem atau aktivitas yang kamu lakukan, salah satunya power supply.

dengan ini, listrik yang kita gunakan bisa mati dengan normal. namun jika kamu mematikan laptop atau PC dengan paksa  listrik yang kamu gunakan putus secara tiba-tiba disaat sistem masih berjalan ini bisa merusak hardware.

Efek yang ditibulkan ini sangat membahayakan power supply komputer anda.

2. merusak Hardisk

hardisc bad sector

masalah spesifikasi ini yang sering jadi alasan para pengguna untuk mematikan paksa laptop/PC.karena terjadinya ngelag atau ngehang secara tiba-tiba dan pengguna biasanya langsung mematikan komputer secara paksa.

walaupun setelah itu laptop/PC bisa digunakan akan tetapi cara mematikan dengan paksa ini bisa menyebabkan gangguan pada memori dan data-data penting kita nantinya akan corrupt.

dengan kamu mematikan laptop/PC dengan cara shutdown maka hardisk nantinya akan menyimpan semua aktivitasmu secara otomatis.

yang menyebabkan hardisk rusak adalah terdapat pada piringan yang ada didalam Hardisk, karena piringan itulah yang terus berputar ketika kita gunakan dan memproses data-data kita. jika laptop/PC dimatikan secara tiba-tiba piringan ini nantinya juga akan berhenti secara mendadak bila hal ini dilakukan terus menerus akan menyebabkan kerusakan pada hardisk.

3. Merusak Prosesor

jika kita mematikan laptop/PC dengan cara normal,heatsink ini nantinya akan bekerja maksimal karena prosesor harus didinginkan. namun berbeda dengan cara kita matikan secara paksa ini bisa menyebabkan prosesor tidak dingin dengan optimal jika dilakukan terus menerus akan menyebabkan kerusakan.

4. Merusak RAM

Hasil gambar untuk ram tercepat

Saat laptop/PC dimatikan dengan cara normal, maka sebelum dimatikan memori perangkat nantinya akan dikosongkan terlebih dahulu. Dan saat laptop/PC dinyalakan, Efeknya dia sudah bisa digunakan dengan keadaan baik secara normal.

Berbeda halnya, jika anda mematikan laptop/PC secara paksa, karena memori nantinya tidak sempat untuk dikosongkan.ini bisa menyebabkan beban pada komputer dimana program yang kita jalankan tidak dimatikan terlebih dahulu

5. Registry Error

Ketika anda mematikan komputer dengan cara shutdown, data dan  komponen-komponen yang anda gunakan nantinya akan diregistrasi ulang oleh komputer. berbeda dengan cara anda mematikan dengan paksa,proses registrasi nantinya tidak akan terjadi.

Matikan Komputer dengan benar sesuai prosedur

Nah ,sudah tahu kan efek yang ditimbulkan jika kita mematikan laptop dengan paksa. Maka janganlah mematikan laptop dengan paksa jika kita tidak ingin laptop kita rusak. Matikan laptop sesuai prosedur akan membuat laptop kamu awet.

Leave a Comment