Touchpad Laptop kamu Rusak? Coba Tips ini Sebelum kamu Bawa ke Tempat Servis

Touchpad Laptop kamu Rusak? Coba Tips ini Sebelum kamu Bawa ke Tempat Servis

Touchpad menjadi salah satu perangkat penting yang berada di laptop. perangkat ini bekerja dengan cara kita sentuh dengan jari kita. jika  touchpad kamu rusak biasanya menggunaka mouse pad. Pastinya akan merepotkan jika kita mengunakan mouse pad, apalagi ketika laptop kita pangku.

Cobalah untuk memperbaiki touchpad. berikut ini omahlaptop akan meberitahu caranya.

1. Touchpad Tidak Sengaja di Disable

Hasil gambar untuk Touchpad Tidak Sengaja di Disable

Di setiap touchpad laptop pasti ada tombol tersembunyi, Salah satu tombol berfungsi untuk menonaktifkan touchpad. Dalam kasus ini Kami mencoba di laptop Acer V3-371. Di laptop ini terdapat tombol yang berfungsi menonaktifkan atau mengaktifkan tombolnya yaitu F7. ketika kami mengakses tombol F7 touchpad laptop pun bisa berfungsi dengan baik kembali.

Coba lah cara ini kemungkinan hal ini yang menyebabkan touchpad kamu tidak berfungsi.coba cek dahulu sebelum membawanya ke tempat servis.

2. Driver Touchpad Corrupt atau Butuh di Update

Driver menjadi salahsatu hal penting di tiap hardware yang berada di prangkat laptop kamu. Bisa saja yang membuat touchpad kamu tidak bekerja adalah corruptnya drive atau tidak update.

untuk melihat updatenya, kamu bisa klik kanan di tombol start windows yang berada device manager. Kemudian pilih Mice and other pointing devices, klik pada sub kategorinya dan klik kanan dan pilih update driver. lalu sesudah di update driver. restart lah laptop kamu. lalu cek touchpad kamu sudah bisa berjalan normal kembali atau belum.

jika kamu tidak mempunyai koneksi internet, cobalah kamu menggunakan cd atau dvd driver yang biasanya ada dipaket pembelian kamu. temukan touchpad driver. install dan ikuti intruksi selanjutnya sama seperti contoh diatas restart lalptop anda sesudah proses instal selesai.

3. Hardware Touchpad Rusak

Hasil gambar untuk touchpad

kemungkinan terakhir yaitu rusaknya hardware pada touchpad. kerusakan ini biasanya terjadi karena laptop yang sering overheat atau sudah using. Overheat terjadi karena kurangnya udara yang masuk pada prangkat laptop sehingga bisa mengalami panas dan membuat hardware touchpad rusak.

Untuk memperbaikinya, jika kamu bisa bongkar pasang sendiri touchpad laptop, kamu bisa mencari hardware touchpad di online shop. Akan tetapi pastikan terlebih dahulu tipe laptop harus sama sebelum anda membelinya. solusi yang paling aman adalah dengan anda bawa ke toko servis laptop terpercaya yang ada di kota anda.

Kesimpulan

Pastikan kamu mencoba beberapa tips di atas sebelum kamu membawanya ke tempat servis. Disaat penting untuk menggunakanya, untuk sementar kamu bisa menggunakan mouse sebagai pengganti touchpad. Jadi, Selamat mencoba!

Leave a Comment